ASUHAN KEPERAWATAN ABSES SEPTUM - br4m4tyo
Headlines News :
Home » » ASUHAN KEPERAWATAN ABSES SEPTUM

ASUHAN KEPERAWATAN ABSES SEPTUM

PENDAHULUAN

Abses Septum nasi adalah kumpulan pus yang terdapat diantara tulang rawan atau tulang para septum nasi, Kasus ini sangat jarang terjadi sehingga tidak banyak dibicarakan dalam berbagai kepustakaan.
Kebanyakan abses septum nasi disebabkan oleh trauma yang kadang tidak disadari oleh pasien. Selain trauma, abses septum nasi juga disebabkan oleh pasca bedah atau sebagai komplikasi penyakit infeksi, bakteri pyogenik yang menyerang suatu hematom yang kemudian menjadi suatu abses. (1)
Gejala abses septum nasi adalah hidung tersumbat progresif yang ditandai dengan rasa nyeri berat, terutama terasa dipuncak hidung juga terdapat keluhan demam dan sakit kepala.
Abses septum harus segera diobati sebagai kasus darurat karena komplikasinya dapat berat, yaitu dalam waktu yang tidak lama dapat menyebabkan nekrose terjadi pada tulang rawan septum. Jika nekrose terjadi pada tulang rawan akan menimbulkan deformitans berupa hidung pelana, retraksi columela, dan pelebaran dasar hidung. Bila hilangnya tulang rawan septum terjadi pada anak, maka dapat menyebabkan gangguan perkembangan wajah.(2)

Abses septum nasi dapat juga menyebabkan komplikasi seperti infeksi ke intrakranial, trombosis sinus cavernosus, sehingga setiap kasus septum nasi dianggap sebagai kasus darurat yang memerlukan penaganan yang tepat dan segera.

Download selengkapnya askep abses septum KLIK DISINI
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. br4m4tyo - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger